Cara Buka Rekening BNI Taplus Prakerja

BNI merupakan satu-satunya Bank yang ditunjuk Pemerintah sebagai mitra penyalur dana insentif program Kartu Prakerja. Mode pembayaran insentif lainnya dapat dilakukan melalui rekening ewallet OVO, Gopay, dan LinkAja.

Belakangan menjelang memasuki tahapan seleksi gelombang 9 dan gelombang 10 ada tren baru untuk pilihan penyaluran insentif kartu prakerja ini.

Jika sebelumnya lebih banyak yang memilih menggunakan ewallet yang telah upgrade, maka mulai dari gelombang 7, 8, dan 9 yang saat artikel ini ditulis masih berlangsung, lebih banyak yang memilih untuk menggunakan BNI Taplus Prakerja.

Namun ternyata faktanya banyak sekali yang kebingungan apa dan bagaimana cara serta prosedur membuka rekening BNI Taplus Prakerja tersebut.

Berbekal pengalaman pribadi saat membantu saudara saya membuka rekening BNI Taplus Prakerja tersebut tadi, maka berikut tahapan cara, syarat, dan hal-hal apa yang harus dipersiapkan:

LANGKAH PERTAMA
Mendaftar secara online melalui link eform khusus pembukaan rekening BNI Taplus Prakerja di sini. Atau silahkan copy paste link berikut di browser Anda: https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/simpananDataDiriPrakerja

PENTING:
Daftar eform buka rekening BNI Taplus Prakerja cuma bisa dilakukan di hari kerja antara jam 08.00-20.00 WIB, diluar jam itu bakal ada tulisan warna merah sebagai peringatan waktu

Berikut yang harus Anda siapkan sebelum mendaftar online dan langkah-langkah cara daftarnya:

  1. Pastikan No.HP yang Anda daftarkan di eform memiliki pulsa yang cukup, karena nantinya ada biaya yang dikenakan untuk menerima SMS OTP verifikasi No.HP dan SMS konfirmasi tanda berhasil membuat rekening BNI Taplus Prakerja.
    Biaya per SMS berkisar antara 600 rupiah hingga 1000 rupiah per SMS yang diterima, tergantung masing-masing operator yang Anda gunakan. Berdasarkan pengalaman saya, ternyata proses pendaftaran online ini gak selalu mulus dan lancar karena banyaknya yang mengakses, bisa lebih dari sekali dan bahkan berkali-kali. Maka disarankan minimal saldo pulsa tersedia minimal 10 ribu.
  2. Buka link eform pendaftaran yang saya sebutkan di atas, kemudian isi form sesuai petunjuk yang ada di sana. Catatan: Anda bebas memilih cabang Bank mana saja di kolom isian cabang pilihan, termasuk waktunya. Karena pada prakteknya bisa diurus dicabang BNI terdekat manapun.
  3. Jika pendaftaran online berhasil maka Anda akan menerima SMS konfirmasi dari Bank BNI. Simpan baik-baik SMS konfirmasi yang Anda dapat tersebut karena berisi No.rekening Bank BNI Anda yang harus diinput/dimasukan di menu sambungkan rekening pada dashboard prakerja Anda dan saat mengurus buku tabungan dan mengambil ATM di cabang BNI terdekat. Jika perlu dicatat di kertas terpisah, jaga-jaga bila SMS terhapus.

LANGKAH KEDUA
Urus buku tabungan dan ATM BNI Taplus Prakerja di kantor cabang BNI terdekat dengan status BUKA di masa pandemi covid19 ini. Cek kantor cabang BNI berstatus BUKA di sini, atau copy paste link berikut di browser Anda: https://www.bni.co.id/id-id/kontak/lokator/cabang

PENTING:
Di masa pandemi corona (covid19) ini antrian untuk jalur antri pembukaan rekening prakerja di BNI di batasi 10-15 antrian saja per harinya di tiap cabang. Sistem pengaturannya berbeda-beda di tiap cabang, tapi sebagian besar harus mengisi listing daftar antrian per hari dulu di pos security/satpam, jadi jangan sungkan bertanya ke pak satpam ya. Bahkan ada yang sampai bela-belain datang jam 3 dinihari supaya dapat antrian lebih dulu… 😀

Berikut yang harus Anda siapkan sebelum mengurus buku tabungan dan ATM beserta langkah-langkah pengurusannya:

  1. Dokumen yang dibutuhkan: eKTP dan NPWP pribadi jika punya, jika tidak punya NPWP gak masalah.
  2. Siapkan juga materai 6.000 untuk form pernyataan di Bank nanti. Untuk yang gak bawa materai mereka juga sudah siapkan, tapi mesti ganti biaya materainya (istilah mereka biaya admin). Bagi yg udah ada transferan insentifnya nanti bisa di autodebet, sedangkan bagi yang belum ada tranferan duitnya mesti bayar seharga nilai materai.
  3. Datang ke Bank BNI terdekat seperti keterangan saya di atas sebelumnya.

Keuntungan Membuka Rekening BNI Taplus Prakerja:

  1. Tidak perlu melakukan setoran awal, gratis!
  2. GRATIS biaya ADMIN selama 1 tahun.

Apakah hanya yang telah lolos seleksi prakerja saja yang bisa membuka rekening BNI Taplus Prakerja gratis ini?
Gak juga….kemarin banyak juga ternyata yang belum lolos seleksi tapi tetap buka rekening, mumpung gratis..tis…tiiiis !!! 😀

2 tanggapan pada “Cara Membuka Rekening BNI Taplus Prakerja”

  1. permisi saya mau tanya, kalo no hp yg di daftar di prakerja sama no hp yg buat daftar membuat kartu bni prakerja beberbeda apa tidak masalah?

    1. Dear Andrians,
      Untuk kasus Anda tidak masalah, karena yang akan jadi patokan nanti adalah No.rekeningnya saja, untuk No.HP bebas. No.HP Yang WAJIB HARUS SAMA dengan yang didaftarkan di Prakerja hanya JIKA menggunakan pilihan pembayaran insentif menggunakan akun EWALLET (dompet virtual) seperti OVO, Gopay, dan LinkAja.

      Semoga membantu 🙂

Tinggalkan Balasan

Cara Membuka Rekening BNI Taplus Prakerja