Cara Sukses Kartu Prakerja

Kemungkinan ini adalah artikel pamungkas dengan tema bahasan Kartu Prakerja, karena menurut informasi resmi program Kartu Prakerja hanya akan dibuka sampai gelombang 10 saja.

Hari ini jam 12 siang tadi gelombang 9 telah resmi ditutup, jadi tinggal menyisakan 1 gelombang lagi yaitu gelombang 10. Sehingga tidak akan banyak lagi hal-hal menarik yang bisa dibahas selain segala macam hiruk pikuk berbagai masalah yang muncul seperti yang ada di artikel sebelumnya di sini.

Masalah-masalah yang muncul pun sebenarnya sama saja alias itu itu saja, yang pada akhirnya pun pemecahan masalahnya itu-itu juga. Yang membedakan hanya moment dan tempat dimana permasalahan yang terjadi tersebut bermula.

Diluar pro-kontra apakah manfaat utama dari tujuan diadakannya program Kartu Prakerja ini benar-benar efektif sebagai salah satu program pemberdayaan yang mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi saat ini, saya lebih tertarik untuk membahas sisi lain yang sangat jarang dibahas di media online.

Berikut adalah sisi positif lain dari penyelenggaraan program Kartu Prakerja selain manfaat dana insentif yang diterima oleh para peserta yang dinyatakan lulus program pelatihan…

  1. Para peserta yang ikut pelatihan mendapatkan kesempatan mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru yang mau tidak mau harus mereka ikuti hingga selesai agar dana insentif bisa cair.
  2. Selama proses pelatihan para peserta dimasukkan dalam grup chat khusus dimana mereka dapat saling berkomunikasi, berbagi pengalaman, hingga saling memberi solusi saat menghadapi kendala dalam pelatihan. Hal ini jelas membuat mereka (sekali lagi) mau tidak mau harus belajar bersabar, berempati, dan membuka mindset mereka ke arah yang lebih positif.
  3. Para peserta pelatihan mendapatkan teman-teman baru dari seluruh Indonesia dengan kecenderungan minat dan pola pikir yang sama. Karena tema pelatihan itu kan berbeda-beda sesuai peminatan dan tujuan ikut pelatihannya mau bisa ngapain.
  4. Para peserta pelatihan menjadi tahu mana lembaga pelatihan yang sesuai ekspekstasi dan tipe mentor/trainer seperti apa yang cocok dan seharusnya mereka cari agar kelak ketika mencari mentor untuk mendapatkan wawasan & skill baru di luar program kartu prakerja tidak membuang waktu, energi, dan biaya secara sia-sia.

Demikian beberapa hal menarik sisi positif lain dari program Kartu Prakerja yang dapat saya himpun dan simpulkan.

Jika Anda pernah menjadi peserta program kartu prakerja dan memiliki pengalaman positif lainya, silahkan berkomentar untuk berbagi dengan kami, insha Allah akan kami update dan dimasukan ke dalam artikel ini… 🙂

Tinggalkan Balasan

Sisi Positif Lain Kartu Prakerja Selain Insentif